Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat kini mulai melakukan razia penggunaan masker di sejumlah sarana publik di Meulaboh, Ibu Kota Kabupaten Aceh Barat untuk menekan penularan virus corona di masyarakat setempat.

“Razia ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, agar senantiasa memakai masker saat berada di ruang publik, sehingga terhindar dari paparan virus corona,” kata Tim Sekretariat TGPP Aceh Barat, Irsadi Aristora, Jumat. 

Menurut dia, razia yang dilakukan bersama tim gabungan terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP serta gugus tugas tersebut menyasar sejumlah sarana publik seperti warung kopi, pusat jajanan makanan dan minuman, pasar serta sarana keramaian lainnya.

Saat melakukan razia, tim juga masih menemukan masyarakat yang belum memakai masker saat berada di luar rumah, sehingga petugas memberi teguran dan menyarankan agar warga yang tidak memakai masker agar pulang ke rumah.
 
Tim gugus tugas penanganan COVID-19 Kabupaten Aceh Barat melakukan operasi disiplin masker di salah satu warung kopi di Meulaboh, Aceh Barat, Aceh, Kamis (3/9/2020). Operasi disiplin masker tersebut merupakan salah satu upaya mencegah penularan COVID-19 setelah kabupaten tersebut ditetapkan sebagai daerah zona merah COVID-19. (Antara Aceh/Syifa Yulinnas)


Selain itu, GTPP Aceh Barat juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat dengan membawa sejumlah tulisan dan helm milip viru corona, untuk memberi edukasi kepada masyarakat, bahwa COVID-19 memang nyata adanya dan sangat berbahaya jika terpapar.

“Razia penertiban masker ini akan terus kita lakukan, sehingga kesadaran masyarakat untuk memakai masker saat berada di ruang publik semakin meningkat,” kata Irsadi Aristora menambahkan.

Ia juga mengakui, ke depan, GTPP Aceh Barat juga akan memberikan sanksi tegas kepada masyarakat, apabila masih ditemukan tidak memakai masker saat beraktivitas di luar rumah dengan aneka sanksi sosial, tutupnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020