Tim Penggerak PKK Aceh ikut serta  membagikan dan mensosialisasikan pemakaian masker dari rumah ke rumah di Gampong Cot Karieng, Kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar dalam upaya menyukseskan hari puncak Gerakan Bersama Pemakaian Masker Aceh (GEMA).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung Wakil Ketua Satuan Tugas COVID-19 Aceh, Dyah Erti Idawati bersama Tim Penggerak PKK Aceh di Aceh Besar, Jumat.

“Aksi Gebrak masker yang dilaksanakan hari ini merupakan aksi puncak kampanye pemakaian masker di Aceh,” kata Dyah yang juga Wakil Ketua PKK Aceh.

Ia menyebutkan sebanyak 19.735 relawan yang diantaranya Aparatur Sipil Negara (ASN) dan organisasi masyarakat turu ke seluruh kabupaten/kota di Aceh dalam upaya mencegah penyebaran COVID-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Menurut dia para relawan tersebut, turun langsung ke 3.883 masjid dan 6.497 gampong  guna menggaungkan GEMA dengan pesan utama yang akan dibawa secara serentak adalah "Ingat Covid - Ingat Masker!”

Dyah mengatakan Aksi GEMA sangat penting untuk disukseskan mengingat angka COVID-19 yang angkanya terus meningkat. 

“Mencegah penularan COVID-19 bukan sebatas menjaga diri tapi juga keluarga dan seluruh masyarakat. Apalagi sampai saat ini, vaksin COVID-19 belum lagi ditemukan. Efeknya yang berbahaya telah menjangkiti seribuan lebih masyarakat Aceh,” katanya.

Ia mengatakan salah satu ikhtiar yang bisa dilakukan masyarakat adalah dengan memakai masker, minimal dengan penggunaan tersebut potensi tertular dan menularkan penyakit akan terhindari.

Dyah berharap, program yang dicanangkan Pemerintah Aceh itu dapat berjalan sukses dan melalui kegiatan tersebut, kesadaran masyarakat akan disiplin menerapkan protokol kesehatan  dapat berjalan maksimal.

"Jangan pada hari ini saja kita semua pihak mengedukasi masyarakat, jangan pernah bosan. Saya berharap aparat gampong, PKK gampong, Camat bisa terus menerus mengedukasi masyarakat, sehingga COVID-19 di Aceh turun dan kita terbebas dari wabah ini," kata Dyah.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020