Sebanyak dua ekor sapi milik warga Desa Durian Kawan, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan mati setelah dimangsa Harimau Sumatera (Panthera Tigiris) di sekitar pemukiman penduduk setempat.

“Di bagian tubuh ternak sapi yang mati diduga akibat dimangsa harimau ini turut ditemukan cakar dan bekas gigitan harimau,” kata Camat Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan, Muriadi S yang dihubungi dari Meulaboh, Ahad malam.

Ia menjelaskan, di sekitar lokasi temuan ternak sapi tersebut, dirinya bersama masyarakat juga menemukan bekas kaki harimau yang berjalan menuju ke arah hutan.

Muriadi menambahkan, penyebab matinya ternak sapi milik warga di kawasan Desa Durian Kawan, Kecamatan Kluet Timur, Kabupaten Aceh Selatan diduga kuat merupakan konflik antara harimau dan manusia.

Dampaknya, selama ini ternak milik masyarakat di daerah tersebut menjadi sasaran mangsa harimau.

Guna menghindari adanya hal yang tidak diinginkan, pemerintah setempat juga sudah memberi imbauan kepada masyarakat, agar sementara waktu tidak pergi ke kebun yang berdekatan dengan kawasan hutan apabila dalam kondisi seorang diri.

“Kita minta masyarakat agar tidak sendiri jika ke kebun, karena khawatir bisa saja harimaunya datang lagi,” kata Camat Muriadi menuturkan.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020