Keresahan warga Desa Paya Laot Kecamatan Setia Bakti Kabupaten Aceh Jaya ditanggapi cepat oleh Kadis Pertanian setempat.

"Terkait hama keong tersebut saya sudah perintahkan kabid bersama Pengamat organisme pengganggu tanaman (POPT) kelapangan untuk melakukan pengecekan, seberapa luas tanaman yang di ganggu hama sehingga bisa kita laporkan ke provinsi untuk penanganan," kata Saiful bahri selaku Kadis Pertanian Kabupaten Aceh Jaya, senin (26/10).

Ia menambahkan kalau sebelumnya pihaknya juga sudah menyalurkan obat hama keong kepada sejumlah Desa di Kecamatan setia bakti, sehingga stok obat hama di tempat kita sudah habis.

"Yang menjadi kendala kita saat ini stok obat-obatan kita sudah tidak ada di Dinas karena tahun 2020 ini tidak ada dana untuk pengadaan, dan kami pastikan tahun 2021 mendatang akan kita stok kembali sehingga saat ada keluhan masyarakat seperti ini langsung kita berikan," kata Saiful Bahri.

Ia menambahkan kalau untuk diketahui Pengamat organisme pengganggu tanaman (POPT) merupakan petugas provinsi yang dititipkan oleh Provinsi untuk penanganan hama di Aceh Jaya.

"Yang pasti segera kita respon keluhan dari petani kita," kata Saiful Bahri.

 

Pewarta: Arif Hidayat

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020