Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Aceh Besar melalui Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) KUMKM kabupaten tersebut terus mendorong pelaku usaha memanfaatkan teknologi untuk memasarkan produk yang dihasilkan secara digital.

“Kita selalu memberikan pembekalan terkait penjualan secara daring dalam setiap pelatihan dan peningkatan sumber daya manusia (SDM) pelaku UMKM,,” kata Koordinator PLUT KUMKM, Aceh Besar, Zahri di Jantho, Senin.

Ia menjelaskan ditengah era yang semakin cangih dan perkembangan teknologi, maka para UMKM dituntut dapat memanfaatkan penjualan secara daring.

“Kita juga menghadirkan nara sumber kompoten termasuk perusahaan "e-commerce" guna memudahkan pelaku UMKM untuk memasarkan produk baik kuliner, kerajinan tangan dan produk lainnya secara daring,” katanya.

Ia menyebutkan saat ini ada 300 lebih UMKM di bawah binaan PLUT KUMKM Aceh Besar menjual produknya secara daring.

Ia mengatakan data UMKM yang menjual secara daring tersebut bisa lebih, karena para pelaku usaha saat ini sangat mudah untuk memasarkan produknya khususnya melalui media sosial.

Ia menambahkan penjualan secara daring dan tidak tatap muka juga bagian untuk mencegah penyebaran COVID-19 dan memperluas pemasaran baik tingkat lokal maupun nasional.

Pewarta: Muhammad Ifdhal

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020