Juru Bicara Dewan Pimpinan Aceh (DPA) Partai Aceh Banda Aceh Haji Muhammad Shaleh, Jumat siang menyatakan mengundurkan diri dari jabatan juru bicara partai lokal terbesar di Aceh setelah kurang lebih satu tahun empat bulan menjabat.

“Benar, terhitung 1 Desember 2020, saya tidak lagi menjadi Jubir PA. Surat pengunduran diri sudah saya serahkan pada Ketua DPA PA Haji Muzakir Manaf (Mualem) dan Sekretariat PA beberapa waktu lalu di Banda Aceh,” kata Muhammad Shaleh dalam keterangan pers diterima ANTARA di Meulaboh, Jumat.

Menurutnya,  pengunduran dirinya itu semata-mata karena tak memiliki waktu penuh, cukup dan fokus untuk mengemban amanah besar tersebut. 

Sementara, sebagai partai politik lokal (parlok) terbesar di Aceh, Partai Aceh membutuhkan seorang juru bicara  yang memiliki waktu penuh dan bisa lebih maksimal  untuk mengemban amanah tersebut.

“Sebagai parlok mayoritas kursi di DPR Aceh dan DPRK se-Aceh, tentu membutuhkan Jubir yang mumpuni. Apalagi, tantangan di Parlemen dan Pilkada mendatang cukup besar. Sebab, perolehan kursi Partai Aceh terus mengalami degradasi (penurunan) dari periode ke periode,” jelas Shaleh.

Selain itu, setelah nantinya tidak lagi menjabat sebagai Juru Bicara di Partai Aceh, dirinya akan kembali fokus untuk keluarga serta mengelola media cetak dan siber miliknya. 

Namun, secara pribadi dia siap dan bersedia membantu Mualem secara personal jika diminta dan dibutuhkan.

“Usia saya juga tidak muda lagi, karena itu biarlah posisi tersebut diisi sosok anak muda atau kader Partai Aceh yang visioner dan lebih profesional. Terutama memiliki waktu penuh,” ujar Shaleh.

Begitupun diakui Shaleh, selama setahun lebih dia menjadi Jubir PA, banyak kepercayaan yang telah diberikan Mualem pada dirinya. Termasuk menyusun berbagai konsep serta strategi lainnya.

Misal, Shaleh mengagas dan melaksanakan pembekalan bagi anggota DPRA dan DPRK Partai Aceh se-Aceh, Desember 2019 lalu di Sabang. Pelatihan Humas dan Jubir se-Aceh di Banda Aceh serta Rapat Pimpinan (Rapim) PA se-Aceh di Meulaboh Aceh Barat tahun ini.

Tak hanya itu Shaleh juga mengagas konsep serta pemikiran Silabus Perkaderan Partai Aceh, Road Map dan Strategi Partai Aceh (2020-2024), Strategi Pemenangan Pemilu dan Pilkada, Penyempurnaan AD/ART serta Tata Cara Rekrutmen Kepala Daerah, Anggota DPRA dan DPRK se-Aceh. 

“Ya, hanya itulah yang bisa saya berikan selama hampir setahun lebih saya bersama Partai Aceh. Tentu masih jauh dari harapan dan kesempurnaan serta perlu dipertajam kembali oleh para tokoh PA,” ucap Shaleh.

Shaleh juga mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Mualem serta jajaran DPA Partai Aceh  kepada dirinya selama ini. Termasuk para media pers dan wartawan, yang telah bekerjasama dengan baik.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada media pers dan rekan-rekan jurnalis atas kerjasama selama ini. Saya berharap, kesempatan serupa juga dapat terjalin dengan Jubir PA berikutnya,” harap Shaleh
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020