Kementerian Pertanian (Kementan) RI melalui Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Indrapuri menyerahkan bantuan 40 ekor sapi untuk warga di Kota Sabang.

Kepala BPTU-HPT Indrapuri drh Vierman, Jumat (20/11) mengatakan Kementan RI memberikan bantuan 1.000 ekor sapi untuk 50 kelompok peternak di 23 kabupaten/kota di Aceh, dan penerima telah melalui seleksi yang ketat.

Baca juga: Sabang tanam perdana komoditas padi Gogo

"Kami memberikan 40 ekor sapi untuk dua kelompok tani ternak di Sabang melalui seleksi yang ketat kepada kelompok yang siap dan berpotensi, bukan yang hanya mau tanpa kesiapan," katanya di sela-sela penyerahan secara simbolis kepada Dinas Pertanian dan Pangan Kota Sabang.

Dia menjelaskan kelompok penerima bantuan dinilai dari kelayakan, kesiapan, dan potensi SDM dari setiap kelompok, dan legalitas kelompok juga menjadi syarat utama.

Baca juga: Pimwil: BRI Aceh salurkan KUR Rp1,3 triliun

Kata dia, penerima bantuan juga dinilai yang layak dan siap, dalam arti kelompok tani ternak memiliki kandang dan lahan untuk berternak.

"SDM dalam kelompok harus berpengalaman yang memelihara ternak, artinya kalau kita kasih sapi sekarang dikasih makan apa mereka sudah tahu dan siap. Perlu diingat juga kelompok ini pemeliharaannya secara komunal bukan dibagi masing-masing anggota," ujarnya lagi.

Baca juga: Aceh siaga potensi bencana akibat faktor cuaca di akhir tahun

Selanjutnya, pihaknya akan melakukan pemantauan dan akan membantu peternakan tersebut, contohnya dengan memberikan bibit rumput yang berkualitas secara gratis kepada kelompok-kelompok tani ternak yang menginginkannya.

Ia juga meminta peternak untuk mendaftarkan asuransi ternaknya demi keamanannya berusaha. Dua kelompok yang terpilih di Sabang itu diharapkan menjadi contoh untuk kelompok-kelompok tani ternak lain di Kota Sabang.

Dan sapi yang diberikan dapat dikembangbiakkan dengan baik sehingga dapat memenuhi target produktivitas, katanya.

Pewarta: Khalis Surry

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020