Sebanyak 5.317 pelajar sekolah lanjutan atas se-Provinsi Aceh mengikuti sosialisasi disiplin dan keselamatan berlalu lintas secara virtual yang digelar Direktorat Lalu Lintas Polda Aceh.

Direktur Lalu Lintas Polda Aceh Kombes Pol Dicky Sondani di Banda Aceh, Senin, mengatakan sosialisasi digelar guna menumbuhkan kesadaran para pelajar untuk patuh dan tertib berlalu lintas.

"Sosialisasi secara virtual ini diikuti 5.137 pelajar SMA se-Aceh. Sosialisasi ini juga diikuti Kepala Dinas Pendidikan Aceh, para kepala subdirektorat, serta kepala satlantas di jajaran Polda Aceh," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Perwira menengah Polri itu menyebutkan sosialisasi lebih ditekankan kepada Undang-Undang Lalu Lintas Nomor 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan para pelajar terlihat antusias mengikuti sosialisasi. Mereka mengajukan pertanyaan terkait penyebab kecelakaan hingga cara mendapatkan SIM.

"Mereka juga bertanya bagaimana bila melihat atau menemukan korban kecelakaan lalu lintas di jalan raya serta ketentuan dalam penilangan," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Dalam sosialisasi tersebut, mantan Kapolres Aceh Tengah dan Aceh Tamiang itu berpesan agar para pelajar di Aceh segera membuat SIM bila sudah mencukupi. Dan terpenting menggunakan helm saat bersepeda motor di jalan raya.

"Kami berharap dengan sosialisasi ini bisa meningkatkan disiplin berlalu lintas, sehingga angka kecelakaan di jalan raya bisa ditekan. Kepada yang sudah berumur 17 tahun, segera membuat SIM," kata Kombes Pol Dicky Sondani.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020