Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh dr Azharuddin menyatakan pasien COVID-19 yang sedanh dirawat di rumah sakit rujukan setempat terus menunjukkan penurunan, hal itu terlihat sejak awal November 2020.

"Iya dalam empat minggu terakhir ini ada kecenderungan turun pasien COVID-19 di RSUD Zainoel Abidin," kata Azharuddin di Banda Aceh, Kamis.

Hingga kini, dia melanjutkan, pasien COVID-19 yang masih dirawat di RSUD Zainoel Abidin sekitar 10 orang, yakni lima orang mendapatkan penanganan medis di ruang Pinere 6 dan tiga orang di ruang Pinere 3. 

Sedangkan dua orang lain berada di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU), yang harus mendapatkan perawatan intensif dari tenaga medis COVID-19.

"(Kondisi, red) berat dan kritis, dalam perawatan intensif tim dokter spesialis RSUD Zainoel Abidin," kata Azharuddin.

Secara akumulatif, kasus COVID-19 di Aceh telah mencapai 8.355 orang, di antaranya 6.956 orang telah dinyatakan sembuh, 320 orang meninggal dunia dan 1.079 orang masih dirawat di rumah sakit atau isolasi mandiri.

Oleh sebab itu, dia meminta masyarakat terus disiplin menerapkan protokol kesehatan, sebagai ikhtiar bersama dalam melawan virus yang berasal Kota Wuhan, China tersebut.

"Terus konsisten dengan 3M, jangan kendur, memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak, Insya Alla kita semua bisa melawan COVID-19," katanya.

Sebelumnya, Juru Bicara Satgas COVID-19 Aceh Saifullah Abdulgani mengatakan Aceh masih dalam status zona oranye atau resiko sedang tingkat penyebaran COVID-19.

Dia meminta Satgas COVID-19 kabupaten/kota untuk meningkatkan pelacakan (tracing), pemeriksaan (testing) dan pengobatan (treatment) atau disebutk 3T.

"Setiap lapisan masyarakat tetaplah disiplin dan konsisten menjalankan 3M," kata Jubir yang akrab disapa SAG.

Pewarta: Khalis Surry

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020