Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada mengajak seluruh elemen masyarakat menjaga perdamaian di provinsi ujung Indonesia tersebut.

"Mari jaga perdamaian dan kedamaian yang berlangsung di Aceh. Aceh saat ini dalam keadaan kondusif. Keamanan dan ketertiban tetap terjaga," kata Irjen Pol Wahyu Widada.

Dengan kondisi kondusif tersebut, kata Kapolda, masyarakat aman dalam beraktivitas seperti bekerja dan beribadah. Pemerintah juga bisa melaksanakan program pembangunan.

Terkait dengan milad GAM yang dilaksanakan setiap 4 Desember, Irjen Pol Wahyu Widada mengingat jangan sampai mengganggu perdamaian.

Selain itu juga jangan menimbulkan kerumunan. Sebab, pandemi COVID-19 masih berlangsung. Jangan kerumunan kegiatan tersebut menimbulkan klaster baru penyebaran COVID-19.

"Kami ingatkan jangan berkerumunan. Silakan laksanakan kegiatan seperti yang disampaikan Muzakir Manaf seperti dengan kenduri, syukuran, tidak berkerumunan," kata Kapolda

Muzakif Manaf merupakan mantan Panglima GAM. Muzakir Manaf juga ketua Komite Peralihan Aceh, organisasi mantan anggota GAM.

Sebelumnya, Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol Ery Apriyono menyebutkan Polda) Aceh dan jajaran meningkatkan patroli menjelang milad (peringatan hari lahir) GAM yang diperingati setiap 4 Desember.

"Tidak ada penanganan khusus terkait milad GAM tersebut. Yang ada peningkatan kegiatan rutin kepolisian seperti patroli dan lainnya. Biasanya patroli satu dua kali, saat milad ditingkatkan menjadi tiga hingga empat kali," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Perwira menengah Polri itu mengatakan kondisi keamanan Aceh saat ini sangat kondusif. Dan itu tidak terlepas dari perdamaian yang terawat dengan baik.

Menurut Kombes Pol Ery Apriyono harga perdamaian dan keamanan yang kondusif tersebut sangat mahal. Masyarakat Aceh tidak menginginkan perdamaian keamanan tersebut terusik.

"Kami mengimbau masyarakat tidak terprovokasi serta tetap menjaga keamanan dan ketertiban yang sudah sangat kondusif ini. Dan juga merawat perdamaian," kata Kombes Pol Ery Apriyono.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020