Banjir sempat merendam ruas jalan antar kampung di wilayah Tenggulun, Kabupaten Aceh Tamiang, akibat sungai Simpang Kiri meluap. Namun dua wilayah hulu lainnya yakni, Tamiang Hulu dan Bandar Pusaka yang juga dilintasi bentangan Sungai Aceh Tamiang dilaporkan masih aman dari banjir luapan tersebut.

"Bandar Pusaka masih aman. Sejauh ini belum ada masuk laporan dari warga terkait banjir," kata Camat Bandar Pusaka, Abdul Muthalib, Sabtu.

Sementara Camat Tamiang Hulu M Nur saat dihubungi mengaku tidak tahu perkembangan banjir karena sedang berada di Banda Aceh. Memang dikatakan dalam beberapa hari terakhir di wilayah Tamiang Hulu sering turun hujan. "Saya akan tanya Sekcam dulu soal banjir tidaknya, ya," kata M Nur.

Koordinator Tagana Kecamatan Tamiang Hulu, Supri melaporkan, meski kondisi cuaca terus hujan, wilayah Tamiang Hulu baik ruas jalan maupun permukiman penduduk hingga saat ini tidak ada yang tergenang banjir. Pihaknya mendapat kabar, banjir terjadi di wilayah Kecamatan Tenggulun. "Kalau di Tenggulun saya dapat informasi dari warga sejak semalam air sungai sudah naik. Ada juga kampung yang sudah terendam di sana," ujar Supri.

Informasi diperoleh, warga Kampung Juar, Kecamatan Sekerak yang berada di seberang sungai bagian kanan juga aman dari banjir. Warga tetap bisa naik getek transportasi penyeberangan air saat beraktivitas di luar kampung. Bila kondisi sungai Aceh Tamiang sedang banjir getek tersebut otomatis tidak dapat dioperasikan.

 

Pewarta: Dedek

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020