Harga telur ayam ras di pasar induk Lambaro Aceh Besar tembus Rp58 ribu per papan (isi 30 butir) dari sebelumnya Rp48 ribu per papan menyusul banjir yang melanda sejumlah kabupaten di Aceh.


“Banjir yang melanda sejumlah kawasan di Aceh seperti di Aceh Utara dan juga di Sumatera Utara mengakibatkan terganggunya pasokan bahan kebutuhan seperti telur ayam ras,” kata pedagang grosir Kausar di Aceh Besar, Senin.


Ia menjelaskan harga telur ayam ras naik sekitar 20 persen dalam tiga hari terakhir yang diakibatkan oleh terganggu arus transportasi pasokan kebutuhan pokok dari daerah penghasil.

“Mobil pengangkutan biasanya sudah tiba di Pasar Lambaro pada pagi hari, namun akibat banjir masuknya kadang bisa sampai siang hari, karena mereka harus menyesuaikan dengan kondisi,” katanya.

Ia mengatakan saat ini permintaan masyarakat untuk telur ayam ras khususnya masih tinggi karena masih berlangsungnya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pelaksanaan hajatan lainnya termasuk pesta perkawinan dan pernikahan.

Imran pedagang lainnya mengatakan harga telur ayam ras naik drastis dalam tiga hari terakhir akibat banjir yang mempengaruhi pasokan barang kebutuhan dari Sumatera Utara.

“Naiknya harga tebus ditingkat pedagang besar, juga ikut berpengaruh pada harga jual ditingkat pedagang eceran,” katanya.


Ia menambahkan sementara untuk harga minyak goreng curah hingga saat ini masih bertahan Rp14 ribu per kilogram sedangkan harga minyak kemasan yakni Rp15 ribu per liter. 

Pewarta: M. Indra Syafriadi

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020