Sejumlah gampong di 10 kecamatan di Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh masih terendam banjir, sementara 13 kecamatan lainnya dilaporkan sudah kering dan terparah saat ini berada di Baktiya Barat.

Ketua Ikatan Pekerja Sosial Masyarakat (IPSM) Kabupaten Aceh Utara Muhktaruddin di Lhoksukon, Rabu malam menyebutkan, ketinggian air di Baktiya Barat bervariasi antara 30 sentimeter hingga 1 meter lebih di tempat tertentu yang merendam rumah warga.

"Berdasarkan data yang kami miliki, masih ada 10 kecamatan yang masih terendam banjir dan terparah saat ini berada di Kecamatan Baktiya Barat dengan ketinggian air lebih dari 1 meter di tempat tertentu," kata Muhktaruddin.

Dijelaskan selain Baktiya Barat, kecamatan yang masih tergenang banjir antara lain Lhoksukon, Baktiya, Lapang, Tanah Luas, Tanah Pasir, Samudera, Nibong, Matangkuli dan Kecamatan Pirak Timu.

"Meski airnya sudah surut di kecamatan itu, namun masih ada rumah yang terendam karena belum sepenuhnya surut. Kalau di Baktiya Barat berdasarkan data yang kami miliki, ada 13 gampong yang terendam dan para korban banjir masih bertahan di tempat pengungsian," kata Muhktaruddin.

Muhktaruddin bersama pengurus dan anggota IPSM lainnya sore tadi juga ikut mendampingi penyerahan bantuan masa panik dari istri peunsiunan karyawan PT. PIM untuk korban banjir di Kecamatan Baktiya Barat.

Untuk Baktiya Barat, sambung Muhktaruddin, saat ini juga sangat dibutuhkan posko pelayanan kesehatan karena sejumlah korban banjir sudah mengeluh gatal- gatal dan penyakit kulit lainnya.

IPSM Aceh Utara merupakan salah satu lembaga sosial yang cukup aktif memantau, mendata pengungsi, logistik hingga kesehatan untuk para korban banjir Aceh Utara di samping petugas terkait lainnya.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara Amir Hamzah mengatakan bahwa data kondisi banjir tersebut bisa berubah-ubah setiap waktu, begitu juga dengan ketinggian air yang merendam pemukiman penduduk.

"Kita mengimbau kepada keuchik (kepala desa), juga sesuai instruksi Bapak Bupati agar melaporkan perkembangan situasi banjir di gampongnya ke pihak kecamatan untuk diteruskan ke kita, semisal ada pengungsi yang belum mendapat bantuan, rumah terendam bertambah dan informasi penting lainnya," pungkas Amir Hamzah.

Diberitakan sebelumnya, banjir akibat curah hujan tinggi yang diperparah meluapnya air sungai dan jebolnya tanggul di beberapa titik mengakibatkan 23 kecamatan ikut terdampak dengan ketinggian air bervariasi antara 50 sentimeter hingga 2,5 meter di tempat tertentu.

 

Pewarta: Zubir

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020