Pemerintah Aceh menerima "Innovative Government Award" (IGA) 2020 dalam kategori provinsi sangat inovatif dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) RI.

"Saya menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pemangku kepentingan yang telah berkolaborasi dalam acara yang sangat penting ini," kata Kepala Badan Litbang Kemendagri RI Agus Fatoni dalam keterangannya yang diterima di Banda Aceh, Sabtu.

Agus mengatakan Aceh mendapatkan IGA 2020 itu bersama dengan 15 provinsi lainnya di Indonesia, serta 38 kabupaten/kota termasuk yang mewakili Aceh yakni Bireuen.

"Penerima penghargaan ini sangat inovatif berdasarkan pengukuran indek inovasi daerah 2020," ujarnya.

Agus mengatakan penghargaan tersebut merupakan momentum apresiasi terhadap langkah besar yang telah dilakukan oleh pemerintah daerah dalam melakukan reformasi pelayanan publik dan tata kelola pemerintahan melalui berbagai inovasi.

"Baik dalam bentuk pelayanan publik tata kelola pemerintahan dan penyelenggaraan urusan yang menjadi kewenangan daerah," katanya.

Selain itu, lanjut Agus, IGA tersebut juga sebagai langkah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan peningkatan daya saing daerah yang memerlukan uluran tangan ekstra secara kolaboratif dari seluruh pemangku kepentingan.

"Penghargaan ini diberikan kepada pemerintah daerah yang telah melahirkan inovasi, dan terobosan yang manfaatnya bukan hanya dirasakan oleh daerah, tapi telah memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa dan negara," ujar Agus.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020