Polres Simeulue Provinsi Aceh bersama pemerintah daerah setempat, kini terus menggencarkan sosialisasi penyuluhan pertanian kepada petani di daerah kepulauan terluar Aceh agar meningkatkan ketahahan pangan ditengah pandemi COVID-19.

“Salah satu upaya untuk meningkatkan ketahahan pangan ditengah pandemi saat ini, yaitu dengan cara membuat lahan percontohan pertanian berupa penanaman cabai, tomat dan jagung,” kata Kapolres Simeulue Aceh AKBP Agung Surya Prabowo SIK didampingi Paur Humas Bripka Efriadi Saputra yang dihubungi dari Meulaboh, Aceh Barat, Minggu.

Lahan percontohan tersebut dilakukan di areal seluas dua hektare yang berada di depan Mapolres Simeulue di Sinabang, Kabupaten Simeulue, Aceh.

Menurut kapolres, upaya pembuatan lahan percontohan pertanian yang dilakukan Polri bersama pemerintah daerah setempat, sebagai upaya untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional di sektor ketahanan pangan.

Hal tersebut juga sebagai upaya untuk membantu program pemerintah, agar masyarakat membuka lahan pertanian sehingga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.

Selain itu, Kapolres Agung Surya Prabowo juga mengatakan lahan percontohan (demplot/demontration plot) yang dilakukan tersebut juga sebagai upaya untuk mengantisipasi kelangkaan pangan, sekaligus memanfaat lahan tidur dengan tanaman yang produktif dan menghasilkan pendapatan secara ekonomi.

“Harapannya melalui kegiatan kita ini, semoga masyarakat bisa ikut serta memanfaatkan lahan untuk tanaman organik dan hidroponik, untuk mendukung ketahanan pangan khususnya di kepulauan Simeulue Aceh,” kata AKBP Agung Surya Prabowo mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020