Ratusan personel Polri dibantu prajurit TNI dan petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) mengamankan jalannya ibadah umat kristiani di Meulaboh Ibukota Kabupaten Aceh Barat, jelang Hari Natal pada 25 Desember 2020.

“Ada tiga lokasi di Aceh Barat yang kita amankan prosesi jalannya ibadah umat kristiani, semuanya berjalan lancar,” kata Kapolres Aceh Barat AKBP Andrianto Argamuda SIK diwakili Kepala Bagian Operasi AKP Ikmal di Meulaboh, Kamis malam.

Menurutnya, proses pengamanan ibadah umat kristiani di daerah itu sudah berlangsung sejak 16 Desember 2020 lalu, dengan jumlah personel yang diturunkan mencapai 2/3 kekuatan bersama TNI termasuk Satpol PP.

Guna mencegah kerumunan jemaat di dalam sebuah tempat ibadah, pihaknya menyarankan agar proses pelaksanaan ibadah tersebut menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Jadi pelaksanaan ibadah umat kristiani berjalan sesuai protokol kesehatan, para jemaat melakukan ibadah dengan mengurangi jumlah jemaat di sebuah ruangan, dan ibadah dilakukan selama beberapa tahap,” kata AKP Ikmal menambahkan.

Pihaknya juga menyambut baik inisiatif dari penyelenggara peribadatan yang ikut menerapkan protokol kesehatan di tempat ibadah, diantaranya menyediakan sarana pencuci tangan, menerapkan jaga jarak antar jemaat, memakai masker, serta menghindari kerumunan.

“Sejauh ini proses kegiatan ibadah umat kristiani di Aceh Barat berjalan lancar tanpa ada kendala apa pun, masyarakat juga sangat menghormati kegiatan ibadah ini,” demikian AKP Ikmal.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020