Satuan tugas (Satgas) Pengamanan Perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia dari Yonif 407/PK memperketat pengawasan jalur-jalur ilegal untuk mengantisipasi kegiatan ilegal menjelang malam Tahun Baru di daerah perbatasan wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat.
 
"Kami meningkatkan patroli perbatasan terutama di jalur-jalur ilegal dan 'sweeping' di sepanjang jalan perbatasan mengantisipasi kegiatan ilegal," kata Dansatgas Pamtas Yonif 407/PK Letkol Inf Catur saat dihubungi ANTARA di Putussibau, Ibu Kota Kabupaten Kapuas Hulu, Selasa.
 
Menurut Catur, di sepanjang jalur perbatasan rawan terjadi kegiatan ilegal seperti penyeludupan barang-barang ilegal baik dari dalam mau pun luar.
 
Upaya pencegahan tersebut dilaksanakan dengan meningkatkan patroli dan sweeping atau melakukan pemeriksaan barang bawaan pengendara di sepanjang jalur perbatasan, apalagi menjelang malam pergantian malam Tahun Baru.
 
"Kami juga melakukan koordinasi dengan sejumlah pihak terkait, seperti kepolisian, Bea Cukai dan petugas perbatasan lainnya," jelas Catur.
 
Pihaknya sudah beberapa kali menggagalkan kegiatan ilegal selama tiga bulan terakhir sejak awal bertugas di daerah perbatasan Indonesia-Malaysia wilayah Timur Kalimantan Barat.
 
Ia juga minta dukungan dan sinergitas semua pihak terkait dan masyarakat agar bersama-sama dalam menjaga keamanan dan keutuhan NKRI di daerah perbatasan.
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2020