Lhokseumawe, 26/10 (Antara) - Ribuan pelajar dari berbagai sekolah di Kota Lhokseumawe, memeriahkan pawai 1 Muharram 1436 Hijriah yang dipusatkan di Lapangan Hira’ dan dilepas  Wali Kota Suaidi Yahya dan Danrem 011 Lilawangsa Kol Inf Hipdizah, Sabtu.
Sejak pagi hari, siswa dari berbagai sekolah mulai berdatangan ke Lapangan Hira’. Sejumlah pelajar yang terdiri dari taman kanak-kanak hingga tingkat SMA sederajat tersebut, memakai pakaian adat Aceh dan berbagai aneka pakaian muslim.
Untuk tingkat taman kanak-kanak, siswanya ditempatkan pada mobil yang telah dihias dengan berbagai hiasan. Sedangkan, untuk tingkat Sekolah dasar hingga SMA sederajat, berpawai jalan kaki.  Masing-masing peserta tersebut, membawa tulisan sekolahnya masing-masing.
Pukul 09.00 Wib, peserta pawai baru dilepas secara resmi oleh Wali Kota Lhokseumawe bersama Danrem 011 Lilawangsa, yang ditandai dengan pengangkatan bendera start secara bersamaan.
Kemudian dilanjutkan dengan penampilan grup marching band oleh murid SD yang memulai dilangsungkannya pawai 1 Muharram.
Dalam kata sambutannya, Wali Kota Lhokseumawe mengatakan, bahwa pawai 1 Muharram merupakan agenda tahunan Pemko Lhokseumawe dalam memeriahkan tahun baru Islam tersebut.
Pawai penyambutan tahun baru Islam yang dilakukan dengan kemeriahan busana-busana muslim itu, dimaksudkan agar mencintai busana muslim.
Pada kesempatan itu pula, Wali Kota Lhokseumawe mengharapkan, dengan momen peringatan 1 Muharram, mengajak warga Lhokseumawe, untuk bersama-sama membangun Kota Lhokseumawe menjadi lebih baik dan juga sebagai  momen menjadikan diri lebih baik. Baik dari segi keimanan maupun dari segi peningkatan kualitas pribadi yang baik, ujar Walikota Lhokseumawe.
Adapun, rute yang ditempuh oleh peserta pawai 1 Muharram itu, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, mulai dari start Lapangan Hira’, Jalan Merdeka, Darussalam, Malikussaleh, Iskandar Muda, Perdangangan  berbelok kembali ke Jalan Merdeka dan kembali di Lapangan Hira’.

Pewarta:

Editor : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2014