PT Bara Energi Lestari yang beroperasi di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) Kabupaten Nagan Raya Provinsi Aceh menerima penghargaan Zero Accident Award (ZAA) atau nihil kecelakaan kerja tahun 2020 dari Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia,  Selasa (12/1) di Sabang. 

"Ini merupakan penghargaan ketiga yang kita terima,  sebelumnya tahun 2017 dan 2019 dari Gubernur Aceh dan ketiga ini di tahun 2020 langsung dari Kementerian Ketenagakerjaan," kata Kepala Teknik Tambang PT Bara Energi Lestari  Rahmad Zahri dalam keterangan tertulis diterima ANTARA di Meulaboh, Kamis.

Ia menjelaskan, penghargaan ini diperoleh atas komitmen yang dijalankan PT Bara Energi Lestari terhadap penerapan budaya kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Penghargaan ini menjadi motivasi bagi PT BEL untuk terus berbenah ke depan agar menjadi lebih baik,” kiata Rahmad Zahri menambahkan. 

Menurutnya, yang dijalankan di PT BEL selama ini sama dengan strategi pemerintah yang disampaikan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI Ida Fauziah.

Diantaranyaa seperti promosi K3 nasional, penguatan kapasitas sumber daya K3, pengawasan dan penegakan hukum norma K3, penguatan sistem pelaporan dan manajemen informasi K3 nasional, serta penguatan koordinasi, sinergi dan kolaborasi, katanya menjelaskan.

Ia berharap, ke depan PT Bara Energi Lestasi bersama mitra kerjanya terus bisa melaksanakan aktivitas pertambangan batubara dengan berlandaskan aturan yang berlaku. Sehingga tercipta lapangan kerja berbudaya K3, demikian Rahamd Zahri.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021