Banjir melanda sejumlah kecamatan di pedalaman Kabupaten Aceh Timur meluas serta menyebabkan jalan menghubungkan Kabupaten Gayo Lues lumpuh karena tergenang air dengan ketinggian hampir setengah meter.

“Banjir tersebut meluas akibat meluapnya Sungai Peunaron,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Timur Ashadi di Aceh Timur, Selasa. 

Ashadi mengatakan sebelumnya hanya tiga kecamatan dilanda banjir. Ketiga kecamatan tersebut yakni Banda Alam, Indra Makmur, dan Serbajadi. Namun, setelah meluapnya air sungai, banjir meluas ke Kecamatan Ranto Pereulak dan Kecamatan Peunaron. 

“Banjir di Kecamatan Ranto Pereulak merendam 165 rumah dengan 660 jiwa terdampak. Sedangkan di Kecamatan Peunaron masih dalam pendataan,” kata Ashadi. 

Ashadi mengatakan banjir tersebut juga menyebabkan jalan penghubung Kabupaten Aceh Timur dengan Kabupaten Gayo Lues a lumpuh total akibat ketinggian air di badan jalan hampir setengah meter.

“Kondisi terakhir, banjir di Kecamatan Ranto Pereulak dan Kecamatan Peunaron bertambah tinggi. Sedangkan di kecamatan lainnya berangsur surut,”demikian Ashadi.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021