Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Timur mengatakan sebanyak 205.886 jiwa terdiri 4.139 tenaga kesehatan dan 201.747 warga di kabupaten itu akan divaksin pada Februari mendatang. 

"Sebelum divaksinasi COVID-19, masyarakat terlebih dulu diperiksa kesehatannya. Jika kesehatan terganggu seperti ada gejala kencing manis, darah tinggi, dan beberapa gejala penyakit lainnya maka tidak akan divaksinasi,"kata Kepala Dinas Kesehatan Aceh Timur Sahminan di Idi, Rabu. 

Sahminan mengatakan untuk menyukseskan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Aceh Timur, pihaknya sudah melatih vaksinator. Vaksinator akan ditempatkan di fasilitas kesehatan yang ditunjuk

“Untuk RSUD Zubir Mahmud, awalnya dilatih dua orang. Pelatihan sudah dilaksanakan selama sebulan yang lalu. Kemudian ada tambahan delapan  vaksinator lain, dan baru saja selesai mengikuti pelatihan pada pekan lalu,” kata Sahminan. 

Sahminan mengimbau masyarakat jangan takut untuk divaksin COVID-19 dan jangan percaya terhadap berita bohong (hoaks yang beredar terkait vaksin COVID-19.

“Kami minta masyarakat agar tidak takut terhadap vaksin karena vaksin yang kita pakai ini juga jenis vaksin Sinovac, guna meningkatkan imunitas tubuh,"kata Sahminan.

Pewarta: Hayaturrahmah

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021