Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh menggandeng Polda Aceh untuk patroli gabungan guna mencegah penyelundupan barang impor maupun narkoba provinsi ujung barat Indonesia tersebut.

Kepala Bidang Bimbingan Kepatuhan dan Hubungan Masyarakat Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh Isnu Irwantoro di Banda Aceh, Senin, mengatakan patroli gabungan tersebut merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI m

"Patroli gabungan ini juga bagian dari peningkatan sinergitas operasional serta saling bertukar informasi dalam melaksanakan tugs, baik kepabeanan maupun kepolisian di wilayah Provinsi Aceh," kata Isnu Irwantoro.

Isnu Irwantoro mengatakan patroli gabungan tersebut ditandai dengan upacara yang diikuti personel Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh dengan Direktorat Polisi Air Udara Polda Aceh. Upacara berlangsung di Pelabuhan Krueng Geukueh, Lhokseumawe.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Aceh Safuadi mengatakan sebelumnya, bea cukai juga sudah melakukan patroli gabungan dengan kepolisian. Patroli digelar November 2020 mengungkap sejumlah kegiatan ilegal.

"Patroli gabungan ini juga mampu menurunkan kegiatan ilegal. Namun, yang paling penting dalam patroli gabungan ini, adalah meningkatkan sinergitas antara kedua instansi dalam mengawasi perairan di wilayah Aceh," kata Safuadi.

Safuadi mengatakan saat ini Indonesia sedang berjuang memulihkan perekonomian dari dampak pandemi COVID-19. Ibarat orang sakit, negara membutuhkan pembiayaan, jadi jangan lagi penyakit lain seperti penyelundupan.

"Patroli gabungan ini untuk memastikan negara hadir di setiap lini pengawasan. Penyelundupan untuk mencegah kegiatan ilegal yang mengancam pendapatan negara serta melindungi masyarakat ancaman seperti penyakit dari luar negeri," kata Safuadi.

Pewarta: M.Haris Setiady Agus

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021