Pengadilan Negeri (PN) Kelas II Sabang resmi meluncurkan aplikasi e-Tracking Sabang Lite, yang merupaka  sebuah sistem informasi yang berfokus pada pelayanan masyarakat umum.

Ketua Pengadilan Negeri Sabang Syihabuddin, Kamis, mengatakan aplikasi e-Tracking Sabang Lite akan memudahkan masyarakat dalam melakukan pencarian surat yang masuk ke pengadilan, ditelusuri dan diketahui tindaklanjutnya melalui aplikasi e-Tracking berbasis web.

"Kelebihan lainnya dapat dijadikan sebagai aplikasi one stop service dengan dikombinasikan oleh Bot Telegram yang bernama Sabang Lite Bot, yang mampu mengakomodasi kebutuhan informasi seputar Kota Sabang," katanya di Kantor Pengadilan Negeri Kota Sabang.

Syihabuddin menjelaskan selain informasi pengadilan, informasi lain yang dapat di akses aplikasi itu yaitu informasi cuaca di Kota Sabang, kendaraan rental, jadwal kapal penyeberangan, penginapan dan hotel serta informasi lainnya.

Sementara itu, Kepala Kejaksaan Negeri Sabang Choirun Parapat mengapresiasi aplikasi dengan sistem canggih yang diprakarsai PN Sabang, mengingat Sabang sebagai daerah tujuan wisata nasional maupun internasional saat ini.

"Ini terintergrasi dengan berbagai layanan informasi yang tidak hanya dibutuhkan oleh masyarakat Sabang, tapi juga semua orang di Indonesia yang ingin ke Kota Sabang. Nantinya aplikasi ini perlu disinergikan dengan Pemko Sabang, karena saya pikir ini terobosan luar biasa yang dibuat oleh PN dan sangat dibutuhkan oleh seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Wali Kota Sabang yang diwakili Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Ady Akmal Shiddiq yang mengapresiasi inovasi yang diciptakan PN Sabang berupa aplikasi e-Tracking Sabang Lite yang menjadi aplikasi one stop service dan dapat mengakomodir berbagai kebutuhan informasi baik tentang pengadilan ataupun informasi tentang Kota Sabang.

"Seperti yang sudah dijelaskan bahwa aplikasi ini sangat banyak manfaatnya, sehingga masyarakat tidak perlu bersusah payah mencari informasi karena sudah terhimpun dalam satu wadah," ujarnya.

Ady akmal berharap agar kedepannya seluruh Satker yang ada di Kota Sabang dapat mencontoh inovasi ini untuk meningkatkan pelayanan publik bagi masyarakat Sabang.

Pewarta: Arwella Zulhijjah Sari

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021