Pemerintah kabupaten Aceh Barat kembali berhasil meraih penghargaan Anugerah Perencanaan Prof A Madjid Ibrahim ke VII Tahun 2021 dari Pemerintah Aceh.

Penghargaan diserahkan Gubernur Aceh diwakili Sekda Aceh Taqwallah didampingi Kepala Bappeda Aceh HT Ahmad Dadek kepada Bupati Aceh Barat Ramli MS di Banda Aceh, Senin.

“Pemerintah daerah sangat bersyukur atas prestasi ini, hal ini menunjukkan bahwa Pemkab Aceh Barat telah melaksanakan sistem perencanaan yang sesuai aturan pemerintah,” kata Ramli MS.

Menurutnya, penghargaan tersebut berhasil diraih setelah Pemerintah Kabupaten Aceh Barat selama ini melaksanakan sistem perencanaan sesuai amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 Tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian, dan evaluasi pembangunan daerah.

Selain itu, prestasi tersebut juga berhasil diraih setelah pemerintah daerah melaksanakan tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah, dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan.

“Prestasi ini diraih sebagai bukti keseriusan Pemerintah Kabupaten Aceh Barat dalam dalam menyusun perencanaan pembangunan yang tertuang dalam dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Aceh Barat Tahun 2021,” kata Ramli MS menambahkan.

Ia menjelaskan, RKPD tersebut mengakomodir seluruh proses dan tahapan perencanaan, baik dari sisi proses pendekatan perencanaan yang meliputi aspek Bottom up (musrenbang), top down (Keselarasan dengan program nasional dan provinsi.

Selain itu keberhasilan tersebut juga dinilai dari aspek politis dan aspek teknokratik yang sesuai dengan visi misi bupati Aceh Barat, maupun dari sisi keselarasan
dari implementasi perencanaan pembangunan yang terangkum ke dalam dokumen APBK tahun 2021, ujarnya.

Ramli MS juga menegaskan pencapaian hasil penilaian inii dilaksanakan dalam 3 tahapan, yang terdiri dari tahap penilaian kualitas dokumen, tahap wawancara dan tahap verifikasi lapangan.

Ia juga berharap agar Pemkab Aceh Barat masuk dalam nominasi untuk memperoleh penghargaan terbaik tingkat nasional, katanya mengharapkan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021