Wakil Bupati Bener Meriah Dailami meninjau langsung hasil panen pisang Cavendish yang ditanam di lahan Kebun Percontohan UPTD Balai Benih Tanaman Pangan dan Hortikultura  (BBTPH) Kampung Rime Raya, Kecamatan Pintu Rime Gayo, Bener Meriah, Kamis.

Dailami memastikan proses panen dan pengemasan pisang tersebut mulai dari pembersihan sampai pengepakan berjalan baik hingga siap untuk dipasarkan.

"Pada hari ini kita secara langsung melihat proses mulai dari pembersihan sampai packing pisang Cavendish. Ini adalah salah satu langkah pemerintah daerah untuk mempercepat pelaksanaan program pengembangan kawasan hortikultura berorientasi ekspor," kata Dailami.

Dia melanjutkan pengembangan pisang Cavendish merupakan program yang menjadi sosok panutan atau role model manajemen agribisnis yang lebih baik melalui kemitraan dengan pelaku usaha yang sudah memiliki kompetensi untuk ekspor.

Sejak Februari 2020 lalu, dia mengatakan, sebanyak 2.400 batang pohon pisang Cavendish yang ditanam di lahan seluas satu hektare di kebun percontohan UPTD BBTPH Pintu Rime Gayo. Dan kini pisang itu sudah mulai panen.

“Pisang ini nantinya akan menjadi komoditas ekspor baru selain kopi dari hasil bumi Kabupaten Bener Meriah,” katanya.

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021