Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Cabang Meulaboh memastikan kebutuhan atau cadangan beras saat bulan suci Ramadhan 1442 hijriah hingga enam bulan ke depan diperkirakan masih stabil dan mencukupi.

“Saat ini kita memiliki stok beras cadangan pemerintah di gudang mencapai 2.500 ton jenis beras medium,” kata Kepala Perum Bulog Cabang Meulaboh Hafizhsyah, Senin.

Menurutnya, dengan adanya stok sebesar itu diharapkan akan mampu mencukupi semua kebutuhan masyarakat di empat kabupaten/kota di wilayah pantai barat Provinsi Aceh.

Diantaranya meliputi Kabupaten Aceh Barat, Kabupaten Aceh Jaya, Kabupaten Nagan Raya serta Kabupaten Simeulue yang merupakan wilayah pulau terluar di Aceh.

Hafizhsyah juga menjelaskan, cadangan beras sebanyak 2.500 tersebut nantinya juga akan digunakan untuk melakukan stabilisasi harga beras di masyarakat, dengan harga jual beras medium di Gudang Bulog Cabang Meulaboh sebesar Rp8.600 per kilogram.

Ia memastikan dengan dilakukan stabilisasi harga, maka dipastikan harga beras di Aceh termasuk di wilayah pantai barat Aceh tidak akan mengalami kenaikan, karena saat ini baru saja dilakukan panen padi secara serentak.

Berdasarkan pantauan yang dilakukan, saat ini harga jual beras medium oleh kalangan pedagang di Aceh Barat dan sekitarnya mencapai Rp9.000-an per kilogram.

Harga tersebut, kata Hafizhsyah, masih berada jauh dari harga eceran tertinggi (HET) yang ditetapkan oleh pemerintah sebesar Rp9.950 per kilogram untuk jenis beras medium.

“Jadi, Alhamdulillah sampai saat ini harga jual beras khususnya beras medium masih berada dibawah HET pemerintah. Masih sangat stabil dan tidak ada terjadi kenaikan harga,” kata Hafizhsyah menegaskan.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021