Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) Kodim 0116 Nagan Raya Provinsi Aceh menggelar shalat gaib untuk awak Kapal Republik Indonesia (KRI) Nanggala 402 yang telah dinyatakan gugur di perairan atau laut Bali Utara, Senin (26/4).

Shalat gaib tersebut berlangsung di Masjid Kodim 0116 Nagan Raya Kompleks Perkantoran Suka Makmue.

“Atas nama satuan maupun pribadi, saya menyampaikan duka yang sangat mendalam atas gugurnya para awak KRI Nanggala 402 saat bertugas,” kata 
Komandan Kodim 0116 Nagan Raya Letkol Inf Guruh Tjahyono di Suka Makmue, Senin.

Gugurnya kusuma bangsa yang menjalankan tugas menjaga laut Indonesia, kata Guruh, merupakan duka mendalam bagi seluruh rakyat dan Bangsa Indonesia.

Selain melaksanakan shalat gaib, prajurit TNI di Nagan Raya juga menggelar doa bersama kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Laut yang telah gugur, dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Semoga doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT untuk semua awak kapal Nanggala 402 yang gugur, mendapat tempat terbaik di sisi-Nya,” kata Guruh Tjahyono menambahkan.

Ia juga mengimbau kepada seluruh anggota Kodim 0116 Nagan Raya yang tidak bisa melaksanakan shalat gaib secara bersama-sama di makodim, agar meluangkan waktu melakukan salat gaib di tempat tugas masing-masing.

Ia juga meminta agar prajuritnya turut mendoakan awak KRI Nanggala-402 agar amal ibadahnya diterima Allah SWT.

"Keluarga besar Kodim 0116 Nagan Raya ikut berbela sungkawa atas gugurnya kusuma bangsa KRI Nanggala 402," tuturnya dengan raut wajah berduka.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021