Gubernur Aceh Nova Iriansyah menyatakan kunjungan Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek dalam upaya membahas kerja sama di sejumlah sektor.

“Kunjungan Dubes Jaroslav ke Aceh dilakukan untuk membahas sejumlah peluang kerjasama antara Pemerintah Aceh dengan Ceko,” kata Gubernur Aceh, Nova Iriansyah di Pendopo Gubernur Aceh, Banda Aceh, Kamis

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima kunjungan Dubes Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek yang turut didampingi Jakub Cerny dan Jana Horcickova.

Ia me jelaskan ada lima peluang kerjasama yang dibahas dalam pertemuan yang berlangsung sekitar satu jam itu masing-masing bidang infrastruktur dan energi, pariwisata, agroindustri, pendidikan dan terkait Kawasan Ekonomi Khusus.

Nova Iriansyah berharap Ceko dapat melakukan investasi di sektor-sektor tersebut, sehingga kerjasama akan terbangun nantinya.

Selain itu Gubernur juga menawarkan kerjasama Sister Province yakni kerjasama antar pemerintah daerah di Ceko dengan Aceh.

Sementara terkait pendidikan, Gubernur menjelaskan, Aceh selama ini telah banyak membuat program pengiriman siswa training ke sejumlah negara luar.

Kerja sama itu kata Gubernur hendaknya bisa juga dilakukan dengan Ceko sehingga Aceh dapat mengirim putra-putri terbaiknya untuk menyerap pengetahuan dari Ceko.

Duta Besar (Dubes) Ceko untuk Indonesia Jaroslav Dolecek menyampaikan bahwa mereka akan menyelenggarakan bisnis forum pada Juni mendatang dengan dihadiri salah satu Menteri dari Negara tersebut.

Kedatangan menteri itu juga disebut akan membawa serta sejumlah pengusaha yang juga akan menawarkan kerjasama dengan Kadin Aceh.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021