Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Uno menyatakan menyebutkan akan menarik investor agar dapat berinvestasi dan mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Sabang.

"Hari ini kita melihat langsung potensi yang dimiliki Sabang yang sangat luar biasa kaya akan keindahan alam dan budayanya," kata Sandiaga Uno, Sabtu.

Pernyataan itu disampaikan Sandiaga Uno usai meninjau beberapa spot destinasi wisata baru di Pulau Weh. Turut didampingi Wali Kota Sabang Nazaruddin, Kepala Badan Pengusahaan Kawasan Sabang (BPKS) Zulkarnain Iskandar, Anggota Komisi DPR RI Illiza Saaduddin Djamal dan Kepala Disbudpar Aceh Jamaluddin.

Sandiaga Uno bersama pemerintah kota dan pihak telah terkait membahas beberapa spot yang ditinjau mulai dari kilometer nol sampai ke Tepin Layeu, yang berpotensi untuk dikembangkan.

Menurut dia ada beberapa destinasi yang sangat potensial untuk Marina maupun untuk hotel resort.

"Saya sudah mencatat dan harapannya saya akan berkoordinasi langsung dengan beberapa investor potensial berkaitan dengan penyediaan fasilitas, event seperti bahari, sport, tourism, cultural dan mize," katanya.

Dia menambahkan investor sudah mulai melirik pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di Lhok Weng seluas 30 hektare, Pantai Nipah Pulau Nasi dengan luas 24 hektare serta beberapa potensi lainnya.

"Target kita realisasi investasi di kawasan Sabang yang kita berkoordinasi dengan BPKS ini dapat kita wujudkan untuk memulihkan ekonomi kita," katanya.

Dari tepian paling barat dari Indonesia, kita gelorakan semangat untuk buka peluang investasi dan lapangan kerja seluas-luasnya. Kawasan Sabang harus kita kelola dengan baik, katanya lagi.

Pewarta: Khalis

Editor : Khalis Surry


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021