Asosiasi Provinsi PSSI Aceh menjajaki uji coba tim sepak bola yang dipersiapkan untuk PON di Provinsi Papua dengan sejumlah klub peserta Liga Indonesia.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam di Banda Aceh, Senin, mengatakan uji coba tersebut untuk melihat sejauh mana kemampuan pemain selama mengikuti pemusatan latihan daerah.

"Dalam rencana awal, ada beberapa uji coba tim sepak bola PON Aceh di antaranya dengan PSMS Medan dan Persebaya. Namun, keputusan uji coba tergantung pelatih Fakhri Husaini," kata Nazir Adam.

Selain dengan klub peserta Liga Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2, Nazir Adam mengatakan rencana uji coba juga akan dilakukan dengan tim PON provinsi lainnya.

"Seperti di Pulau Sumatera, uji coba direncanakan dengan tim PON Sumatera Utara dan Bengkulu. Sedangkan di Pulau Jawa, rencananya dengan tim PON Jawa Barat, Jawa Tengah, dam Jawa Timur," kata Nazir Adam.

Nazir Adam mengatakan selama ini uji coba hanya dilakukan dengan tim-tim dianggap selevel. Dengan tim yang levelnya lebih tinggi baru dengan Persiraja Banda Aceh. Uji coba dengan klub Liga 1 tersebut, tim PON Aceh kalah satu gol.

Menurut Nazir Adam, uji coba diluar Aceh tersebut nantinya akan menjadi bahan evaluasi untuk pembenahan tim menjelang PON di Provinsi Papua pada Oktober mendatang.

"Kami berharap rencana uji coba tersebut bisa terealisasi, mengingat sekarang ini pandemi COVID-19. Tanpa uji coba, sulit mengukur sejauh mana kemampuan tim sepak bola PON Aceh tersebut," kata Nazir Adam.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021