Dinas Perkebunan dan Peternakan (Disbunnak) Aceh Barat memastikan seluruh daging segar yang dijual pedagang pada tradisi meugang menyambut Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah aman dikonsumsi.

“Alhamdulillah, semua daging segar sapi dan kerbau yang dijual pedagang ke masyarakat aman dikonsumsi, karena semua ternak yang disembelih sudah melalui tahapan pemeriksaan kesehatan (keur) oleh dokter hewan,” kata Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Aceh Barat Danil Adrial di Meulaboh, Rabu.

Ia mengatakan uji kesehatan ternak sebelum dilakukan penyembelihan tersebut meliputi pemeriksaan kesehatan, kuku, gigi dan mulut.

Pihaknya juga memastikan penyembelihan ternak kerbau dan sapi pada tradisi meugang dilakukan sesuai syariat Islam, dengan tidak menyakiti ternak saat akan disembelih.

“Jadi, selain aman dikonsumsi, dagingnya juga halal,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan, dalam tradisi meugang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, jumlah ternak sapi dan kerbau yang disembelih oleh pedagang di daerah itu diperkirakan mencapai di atas 150 ekor.

Meski sudah melakukan pemeriksaan kesehatan sebelum penyembelihan ternak dilakukan, pihaknya tetap melakukan pengawasan terhadap sejumlah daging segar yang dijual oleh pedagang di Aceh Barat.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021