Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim mengingatkan masyarakat agar mewaspadai dampak hujan lebat yang menurut BMKG berpotensi terjadi di daerah itu hingga tiga hari ke depan.
 
"Hati-hati, ada potensi hujan lebat dengan intensitas tinggi, hari ini, besok, dan lusa di Abdya. Jadi, masyarakat dan aparat diharapkan siaga," kata Akmal melalui akun media sosial resminya di Blangpidie, Senin.
 
Bupati Akmal memperkirakan, hujan deras akan melanda Abdya selama tiga hari ke depan. Hujan ini berpotensi banjir sedang hingga besar. Warga harus waspada terutama yang berdomisili dekat daerah aliran sungai (DAS).
 
"Saya berharap masyarakat siaga dan waspada terhadap potensi hujan lebat ini, terutama warga yang dekat dengan DAS. Kita berdoa, mudah-mudahan daerah kita ini terhindari dari bencana," katanya.
 
Bupati juga menyampaikan terjadinya banjir yang merendam puluhan rumah warga Desa Lhueng Geulumpang, Kecamatan Kuala Batee, Abdya pada Jumat (14/5).
 
Banjir merendam rumah warga dengan ketinggian 60 hingga 90 centimeter pada hari kedua lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah tersebut terjadi akibat hujan deras melanda kawasan itu dimulai dari siang hari hingga tengah malam.
 
Kemudian, esok harinya, Sabtu (15/5), sebuah rumah warga di Desa Pante Pirak, Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya mengalami rusak parah setelah tertimpa pohon tumbang akibat angin kencang.
 

Pewarta: Suprian

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021