Jumlah penumpang yang berangkat dari pelabuhan Ulee Lheue Aceh menuju Kota Sabang meningkat selama Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, kata Koordinator Pelabuhan Ulee Lheue Aceh Fahrul Riza.

"Selama ldul Fitri penumpang itu mulai dari 394 orang sampai 701 per hari, sedangkan sebelum lebaran hanya 144 sampai 241 per hari," ujarnya di Banda Aceh, Selasa.

Fahrul menyebutkan, keberangkatan ke Sabang selama Idul Fitri ini mencapai 1.960 orang terhitung sejak lebaran kedua yaitu mulai Kamis (14/5) sampai Senin (17/5).

Sementara sebelum Idul Fitri, terhitung dari awal pemberlakuan larangan mudik lebaran mulai 6 sampai 12 Mei 2021 penumpang ke Sabang hanya mencapai 1.352 orang.

"Kita tetap lakukan pembatasan sesuai dengan Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 13 Tahun 2021 tentang Pengendalian Transportasi selama masa Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah," katanya.

Kata Fahrul, selama masa keberangkatan ini pihaknya juga mengikuti ketentuan Surat Edaran (SE) Gubernur Aceh Nomor 440/8833 tentang pengendalian transportasi yakni pembatasan 50 persen penumpang.

Namun, Fahrul tidak dapat memastikan apakah penumpang tersebut merupakan pemudik atau wisatawan yang ingin berwisata ke Kota Sabang.

"Itu tidak bisa kita bilang orang mudik atau para wisawatan," kata Fahrul.

Mengenai penerapan protokol kesehatan, Fahrul menegaskan bahwa pihaknya telah menyediakan beberapa fasilitas di kawasan pelabuhan seperti wastafel untuk mencuci tangan dan imbauan jaga jarak.

"Kita terus berikan pemberitahuan prokes melalui pusat informasi dan imbauan melalui media banner dan spanduk-spanduk," demikian Fahrul.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021