Asosiasi Provinsi PSSI Aceh menyatakan uji coba tim sepak bola yang dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2021 di Provinsi Papua terkendala pandemi COVID-19.

Ketua Asosiasi Provinsi PSSI Aceh Nazir Adam di Banda Aceh, Selasa, mengatakan padahal pihaknya sudah mengagendakan pertandingan uji coba dengan sejumlah klub peserta liga Indonesia, baik Liga 1 maupun Liga 2.

"Pertandingan uji coba ini untuk mengukur sejauh mana kemampuan para pemain selama mengikuti pemusatan latihan. Uji coba dilakukan dengan klub yang lebih tinggi levelnya," kata Nazir Adam.

Namun, kata Nazir Adam, uji coba tersebut sulit terlaksana karena pandemi COVID-19. Apalagi saat ini pemerintah terus berupaya menekan penyebaran virus corona tersebut.

"Sepertinya sulit terlaksana uji coba, terutama di luar Aceh. Misalnya ke Medan, apakah diberi izin menggelar pertandingan. Nanti, bagaimana pemeriksaannya. Kita juga khawatir pemain bisa terpapar COVID-19 saat uji coba," kata Nazir Adam.

Sebelumnya, kata Nazir Adam, Asosiasi Provinsi PSSI Aceh menjajaki uji coba, baik di Pulau Sumatra maupun Pulau Jawa. Di Pulau Sumatra seperti melawan PSMS Medan

"Selain itu juga dengan tim PON Sumatera Utara dan Bengkulu. Sedangkan di Pulau Jawa, rencananya dengan tim PON Jawa Barat, Jawa Tengah, dam Jawa Timur," kata Nazir Adam.

Menurut Nazir Adam, selama ini uji coba hanya dilakukan dengan tim-tim dianggap selevel. Dengan tim yang levelnya lebih tinggi baru dengan Persiraja Banda Aceh. Uji coba dengan klub Liga 1 tersebut, tim PON Aceh kalah satu gol.

"Tanpa uji coba, sulit mengukur sejauh mana kemampuan tim sepak bola PON Aceh tersebut. Kendati begitu, kami berharap uji coba bisa terealisasi, mengingat PON di Provinsi Papua dijadwalkan Oktber mendatang," kata Nazir Adam.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021