Proses relokasi ratusan pedagang dari Pasar Peunayong Banda Aceh mendapat pengawalan ketat dari petugas gabungan TNI/Polri dan personel Satpol PP/Wilayatul Hisbah (WH) setempat.

"Mulai hari ini para pedagang di kawasan Pasar Peunayong akan menempati Pasar Al-Mahirah Lamdingin," kata Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setdako Banda Aceh Said Fauzan di Banda Aceh, Senin.

Dimulai sejak minggu malam hingga hari ini, para petugas gabungan siaga mengawal kawasan pasar Peunayong agar tidak ada lagi pedagang yang berjualan di lokasi tersebut.

Said mengatakan pemindahan Pasar Peunayong ke Pasar Al Mahirah Lamdingin merupakan hasil keputusan bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Banda Aceh dan juga hasil kesepakatan dengan pedagang.

Relokasi pasar Peunayong merupakan program pembangunan dan penataan kota yang berkelanjutan yang telah direncanakan sejak lama, kata Said.

"Nantinya lokasi Pasar Peunayong dijadikan kawasan pusat kuliner sebagai penunjang destinasi wisata, hingga menjadi pusat perekonomian baru," ujarnya.

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman mengajak masyarakat berbelanja ke lokasi pasar yang baru yakni pasar Al Mahirah di Desa Lamdingin.

“Di pasar Al Mahirah lebih aman, lebih nyaman, mudah dan kebersihan juga terus kita jaga,” kata Aminullah.

Pasar baru Al Mahirah itu diresmikan pada 7 Juli 2020, di sana terdapat fasilitas tempat berjualan ikan, unggas, daging, sayur, buah serta kebutuhan lainnya.

Aminullah menyebutkan, pemindahan tersebut dilakukan karena dinilai pasar Peunayong kondisinya sudah tidak sehat, kurang tertata, tidak tertib, serta terkesan kumuh dan kotor. 

“Peunayong merupakan kawasan pusat perkotaan yang perlu di tata agar kondisinya lebih baik dan dapat mendukung konsep pembangunan kawasan wisata, pusat kuliner dan heritage kota Banda Aceh,” ujar Aminullah.

Untuk diketahui, pedagang di pasar Peunayong yang di relokasi ke pasar Al Mahirah Lamdingin tersebut sebanyak 738 orang, mulai dari penjual ikan, daging, sayur-sayuran serta berbagai kebutuhan pokok lainnya. 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021