Tim asistensi mengecek kesiapan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro di wilayah hukum Polres Aceh Timur.

Tim asistensi dipimpin Direktur Reserse Narkoba Polda Aceh Kombes Pol Ade Sapari bersama Kepala Bidang Humas Polda Aceh Kombes Pol. Winardy di Aceh Timur, Senin, mendatangi dua posko PPKM di kabupaten tersebut.

Rombongan tim asistensi Polda Aceh pertama kali mengunjungi Posko PPKM di Gampong Keude Blang, Kecamatan Idi Rayeuk, Kabupaten Aceh Timur.

Kunjungan tersebut didampingi Kapolres Aceh Timur AKBP Eko Widiantoro, Asisten Bupati Aceh Timur Syahrizal Fauzi serta sejumlah pejabat Pemerintah Kabupaten Aceh Timur dan pejabat utama kepolisian setempat.

Saat berada di posko PPKM di Gampong Keude Blang, tim asistensi memberikan beberapa masukan kepada petugas, di antaranya mempermudah 3T  (tracking, testing, treatment) yang dilakukan Satgas di PPKM Mikro.

"Gunakan stiker sebagai penanda rumah yang terpapar dan rumah yang sudah dilakukan 3T, sehingga sebaran dapat dijadikan data valid," kata Kombes Pol Ade Sapari.

Selain itu, tim asistensi Polda Aceh juga mengapresiasi upaya dan inovasi yang dilakukan petugas PPKM Mikro Gampong Keude Blang. 

"Tingkatkan kolaborasi antarinstansi serta berikan edukasi masif ke masyarakat serta pertahankan kinerja yang sudah baik," kata Direktur Reserse  Narkoba Polda Aceh tersebut.

Selanjutnya, tim asistensi Polda Aceh melanjutkan kegiatan pengecekan Posko PPKM di Desa Madat, Kecamatan Madat, Kabupaten Aceh Timur.

Di posko tersebut, Kombes Pol Ade Sapari mengingatkan para petugas bahwa PPKM mikro merupakan contoh dalam menekan angka penyebaran COVID-19. 

"PPKM ini telah terbukti efektif menekan angka penyebaran COVID-19, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan untuk memutuskan mata rantai penularan virus tersebut," kata Kombes Pol Ade Sapari.

Perwira menengah Polri itu juga mengingatkan petugas posko PPKM terdiri tenaga kesehatan, Bhabinkamtibmas dan Babinsa sebagai garda terdepan penanganan COVID-19 untuk senantiasa menjaga kesehatan.  

"Pastikan sebelum menyehatkan masyarakat, petugas di posko PPKM harus sehat terlebih dahulu. Pastikan mereka di garda terdepan ini sehat, dan kuat demi terwujudnya kesehatan masyarakat," kata Kombes Pol Ade Sapari.
 

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021