Mantan Gubernur Aceh 2012-2027 Zaini Abdullah atau yang akrab disapa Abu Doto terkonfirmasi positif COVID-19 berdasarkan hasil tes Polymerase Chain Reaction (PCR). 

"Iya benar (positif COVID-19) hasil tes nya kemarin begitu," kata salah seorang keluarga Zaini Abdullah Ustadz Muzakir, di Banda Aceh, Senin.

Saat ini, Zaini Abdullah menjalani perawatan intensif di ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh. 

Ustadz Muzakir mengatakan, kondisi pasien saat pertama sekali dibawa rumah sakit dalam keadaan sedikit lemas, namun hari ini sudah mulai membaik. 

Ustadz Muzakir tidak mengetahui detail apa saja riwayat sakit Zaini Abdullah selain COVID-19 tersebut, hanya saja ia mengatakan bahwa mantan Menteri Kesehatan GAM tersebut terakhir kali baru menjalani operasi dibagian jantung. 

"Dulu di Swedia beliau (Zaini Abdullah) pernah menjalani operasi di bagian jantung, tapi alhamdulillah kondisinya mulai membaik," ujarnya.

Selain itu, Ustadz Muzakir juga mengaku kecewa dengan pelayanan yang diberikan kepada mantan Gubernur Aceh itu selama dirawat di RICU, pasien tidak mendapatkan pelayanan yang layak. 

"Ada persoalan, saya melihat standar operasional kesehatannya tidak bagus di RICU ini. Kurang baik pelayanannya," kata Muzakir.

Bahkan, lanjut Muzakir, keluarga berencana akan memulangkan pasien jika pelayanan yang diberikan belum juga baik. 

"Jika tidak ada perbaikan pelayanan, kita pulangkan dan menjalani isolasi mandiri," demikian Muzakir.
 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021