Warga Desa Lataling, Kecamatan Teupah Selatan, Simeulu Provinsi Aceh, menyebutkan mereka hingga saat ini belum mendapatkan akses internet secara baik, meski jarak daerah itu dengan ibu kota kabupaten yakni Sinabang, tidak begitu jauh.

"Tidak salah rasanya bila Desa Lataling, disebut masih ketinggalan zaman. Lihat saja, meski hanya berjarak sekitar 15 kilometer dari pusat kota Sinabang, namun masih ketinggalan informasi," kata warga setempat, Hendri, Senin.

Hingga saat ini, desa yang berada di wilayah pegunungan itu belum ada jaringan telekomunikasi, telepon, serta jaringan internet untuk  diakses masyarakat di daerah tersebut secara baik.

"Di beberapa titik ada jaringan telepon dan internet. Namun tidak terlalu bagus," kata Hendri.

Menurut Hendri, tidak adanya jaringan telepon dan internet yang baik di desa itu sangat menyulitkan masyarakat. Sebab, di zaman tehnologi informasi  saat ini jaringan telepon dan internet sangat di butuhkan oleh masyarakat.

"Jika ingin mengakses internet, warga desa ini pergi ke desa tetangga. Atau langsung pergi ke ibukota Simeulue," tutur Hendri.

Sementara itu, Agusman, Kepala desa setempat mengatakan, pihaknya telah berupaya mengusulkan kepada pemerintah agar jaringan internet dan telepon bisa berfungsi dengan baik di desa itu.

"Kita telah upayakan, namun belum terkabulkan," kata Agusman.

Kata Agusman, pemerintah ada memberikan bantuan berupa tower jaringan Internet pembantu ke desa itu. Namun, karena tidak terlalu besar sehingga hanya sebagian wilayah di desa itu saja yang bisa mengakses jaringan internet dan telepon dengan baik.

"Towernya rendah, sehingga tidak dapat secara menyeluruh memancarkan jaringan internet dan telepon di desa itu," jelas Agusman. 

Pewarta: Ade Irwansyah

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021