Seorang petani di Kampung Ujung Gele, Kecamatan Bukit, Kabupaten Bener Meriah, mampu menghasilkan panen tomat mencapai 10 ton di atas lahan sempit.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bener Meriah Haili Yoga di Bener Meriah, Senin, mengatakan apa yang dihasilkan tersebut menjadi contoh bagi petani lainnya di daerah tersebut.

"Saya merasa bangga dan apresiasi kepada Kamaluddin. Dengan lahan 16 kali 59 meter, beliau berhasil memanen hasil tomat hingga 10 ton," kata Haili Yoga.

Haili Yoga menyempatkan diri mengunjungi lahan pertanian milik Kamaluddin. Dia mengapresiasi Kamaluddin karena mampu meningkatkan produktivitas di lahan yang terbatas.

"Ini merupakan model bagi petani lainnya di Kabupaten Bener Meriah karena pola seperti ini yang harus dicontoh dan dipublikasikan, sehingga ini menjadi motivasi yang dapat diikuti oleh petani-petani lainnya," kata Haili Yoga.

Haili Yoga menuturkan semangat dan kemampuan yang ditunjukkan oleh petani seperti Kamaluddin dalam menerapkan teknologi pertanian merupakan modal dasar yang harus dipertahankan dan ditingkatkan.

Oleh karena itu, Haili Yoga menginstruksikan dinas terkait menjadikan sosok Kamaluddin sebagai narasumber yang dapat menginspirasi dan berbagi ilmu kepada petani lainnya dalam berbagai kegiatan penyuluhan pertanian.

"Kami yakin dengan cara dan teknik yang selama ini dilakukan Kamaluddin dapat disebarluaskan kepada petani lainnya, sehingga produktivitas petani juga ikut meningkat," kata Haili Yoga.
 

Pewarta: Kurnia Muhadi

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021