Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Aceh menyatakan program serbuan vaksinasi vaksin COVID-19 mendorong pemulihan aktivitas usaha dan perekonomian masyarakat.

"Kami yakin program vaksinasi vaksin COVID-19 yang sedang berlangsung sekarang ini mendorong pemulihan aktivitas pelaku usaha dan perekonomian masyarakat," kata Ketua Apindo Aceh H Ramli di Banda Aceh, Rabu.

H Ramli mengatakan program serbuan vaksinasi vaksin COVID-19 yang dilakukan pemerintah merupakan upaya mewujudkan kekebalan komunitas dan memutuskan penularan dan pencegahan virus corona.

Oleh karena itu, kata H Ramli, Apindo Aceh mendukung program vaksinasi vaksin guna mengakhiri pandemi COVID-19, sehingga aktivitas pelaku usaha dan perekonomian masyarakat kembali sedia kala.

"Kami juga menyurati seluruh pelaku usaha yang bernaung di Apindo di Aceh agar segera mengikuti program vaksinasi vaksin COVID-19," kata H Ramli yang juga Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Aceh.

H Ramli mengingatkan kendati sudah mendapatkan vaksin COVID-19, protokol kesehatan harus tetap diterapkan seperti selalu memakai masker, menjaga jarak, tidak berkerumunan serta selalu mencuci tangan dengan cairan antiseptik.

"Mudah-mudahan dengan adanya pemberian vaksin kepada masyarakat, pandemi COVID-19 bisa berakhir. Dengan demikian, kami optimis semua sektor dunia usaha di Provinsi Aceh kembali beraktivitas," kata H Ramli.

H Ramli mengatakan bahwa membangkitkan kembali dunia usaha setelah pandemi COVID-19 tentu membutuhkan waktu. Selain waktu, juga dibutuhkan dukungan pemerintah.

Kalangan pelaku usaha, kata H Ramli, tidak bisa bangkit sendiri-sendiri tanpa dukungan semua pihak, terutama pemerintah, baik pusat maupun daerah. Dukungan tersebut sesuai apa yang dibutuhkan pelaku usaha.

"Misalnya persoalan perizinan serta dukungan lainnya yang dibutuhkan pelaku usaha. Tanpa dukungan tersebut, sulit bagi pelaku usaha untuk bangkit, walau nanti pandemi COVID-19 berakhir," kata H Ramli.

H Ramli mengatakan bangkit dunia usaha tersebut merupakan peluang terciptanya lapangan pekerjaan. Kehadiran lapangan pekerjaan bisa memulihkan kembali perekonomian masyarakat yang terpuruk akibat pandemi COVID-19.

"Bisa dilihat bagaimana pandemi COVID-19 menyebabkan kemiskinan yang terjadi sekarang ini. Semua ini harus diakhiri dan pelaku usaha juga harus optimis menggerakkan usahanya serta melahirkan lapang-lapangan pekerjaan kepada masyarakat," kata H Ramli.

Pewarta: M Haris SA

Editor : M.Haris Setiady Agus


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021