Bank Indonesia Provinsi Aceh menyatakan kebutuhan uang kartal masyarakat pada lebaran Idul Adha 1442 Hijriah lebih kecil dibanding pada bulan yang sama tahun sebelumnya.

“Penurunan ini sangat dimungkinkan disebabkan menurunnya aktivitas ekonomi yg disebabkan pandemi dan penetapan PPKM,” kata Kepala Bank Indonesia Provinsi Aceh, Achris Sarwani di Banda Aceh, Rabu.

Ia menjelaskan perbandingan Outflow pada periode Juli 2021 (Idul Adha 2021) dengan Juli 2020  mengalami penurunan yakni penarikan perbankan di bulan Juli 2021 sebesar Rp672,4 miliar dibandingkan dengan outflow Juli 2020 sebesar Rp1.080 triliun atau Idul Adha 31 Juli 2020.

Menurut dia kebutuhan uang pada periode lebaran Idul Adha tidak diperlukan persiapan khusus terhadap lonjakan kebutuhan masyarakat sebagaimana periode Ramadhan-Idul Fitri dan periode akhir serta tahun baru

Ia mengatakan pada Idul Adha tidak ada perbedaan signifikan sehingga pihaknya tidak menyiapkan menyiapkan khusus karena tidak ada perubahan atau kenaikan permintaan masyarakat.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021