PT PLN (Persero) ULP Sinabang terus berupaya meningkatkan kehandalan sistem kelistrikan di Kabupaten Simeulue salah satunya dengan program grebek penyulang bersih dalam upaya meminimalisir gangguan listrik akibat pepohonan berdekatan dengan jaringan.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk meminimalisir gangguan terhadap jaringan listrik yang disebabkan oleh pepohonan yang berjarak dekat dengan kabel jaringan listrik sehingga mutu kehandalan jaringan listrik tetap terjaga dan listrik dapat tersalurkan secara baik dan aman ke rumah-rumah warga,” kata Manager ULP Sinabang, Ilyas di Sinabang, Rabu.

Ia menjelaskan pembersihan tersebut dilaksanakan  dari Kecamatan Teluk Dalam hingga Kecamatan Simeulue Barat dan dipimpin langsung SPV Teknik ULP Sinabang.

Menurut dia sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan pihaknya mensosialisasikan kepada masyarakat sekitar terhadap akan adanya pembersihan pepohonan yang berdekatan dengan jaringan listrik.

“Ini kita lakukan agar masyarakat tidak terkejut dan untuk menyukseskan program pemeliharaan pemotongan pohon yang bersinggungan langsung dengan jaringan termasuk pohon-pohon produktif milik masyarakat,” katanya.

Menurut dia dengan adanya sosialisasi lebih awal masyarakat akan memberi izin pohon miliknya untuk dipotong sebab jika tidak dipotong akan mengganggu distribusi listrik kepada pelanggan lainnya.

Rudi, salah seorang warga mengatakan dirinya menyambut baik kegiatan yang dilakukan PLN tersebut dalam upaya menjaga kehandalan dan memastikan listrik tetap normal di kawasan itu.

“Kami menyadari akan bahaya yang nantinya bisa terjadi jika dahan-dahan pohon itu mengenai kabel listrik ataupun pohon tersebut tumbang oleh angin. Pastinya akan berbahaya bagi saya dan keluarga dan merugikan warga desa juga,” kata Rudi.

Pewarta: M Ifdhal

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021