Tim Dokter Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar kabupaten Aceh Jaya berhasil mengangkat tumor kandungan myoma uteri dengan berat 5 kilogram terhadap pasien di daerah setempat.

Pengangkatan tumor saluran reproduksi tersebut berlangsung di kamar operasi Rumah Sakit Teuku Umar yang dilakukan oleh Tim Obgyn dr. Hendra Moslem Sp.OG dan tim Anestesi dr. Afifuddin Sp.An.

"Alhamdulillah operasinya telah selesai dan kondisi pasien baik," kata dr. Hendra  kepada Antara, Rabu.

Ia menjelaskan operasi yang dilakukan di RSUD Teuku Umar Aceh Jaya ini adalah operasi pengangkatan rahim (histerektomi) untuk mengangkat tumor kandungan myoma uteri sebesar 30 cm x 22 cm pada pasien Ny. CR umur 48 tahun yang berasal dari kecamatan Indra Jaya kabupaten Aceh Jaya.

Menurut dia pasien mengeluh pembesaran perut sejak 5 tahun yang lalu, beberapa faktor resiko untuk mendapatkan myoma uteri pada pasien ini adalah karena belum pernah hamil dan usianya diatas 40 tahun.

"Pada myoma uteri yang ukuran masih kecil, biasa masih bisa kita lakukan terapi obat obatan (hormonal) terlebih dahulu, terlebih pada ibu-ibu usia produktif yang masih menginginkan untuk memiliki anak, sedangkan pada pasien ini tumornya sudah besar, sehingga perlu dilakukan operasi," katanya.

Direktur RSUD Teuku Umar, dr. Eka Rahmayuli mengatakan bahwa, RS Teuku Umar merupakan satu-satunya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) milik pemerintah yang melayani masyarakat Aceh Jaya mulai dari kecamatan Jaya yang berbatasan dengan kabupaten Aceh Besar hingga kecamatan Teunom yang berbatasan dengan Aceh Barat.

Pihaknya berharap kedepan lebih banyak lagi pasien yang bisa ditangani di RS Teuku Umar sehingga masyarakat Aceh Jaya tidak perlu lagi di rujuk ke rumah sakit lain di luar Aceh Jaya.

"Alhamdulillah, semoga kedepan masyarakat Aceh Jaya tidak harus lagi di rujuk ke Meulaboh atau ke Banda Aceh," kata dr. Eka.

Pewarta: Arif Hidayat

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021