Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman menerima penghargaan karena telah mewujudkan Kota Layak Anak (KLA) Aceh 2021 dari Gubernur Aceh Nova Iriansyah. 

"Ini merupakan wujud nyata komitmen kita dalam pemenuhan hak-hak dan perlindungan anak. Melalui peringatan HAN tahun ini, saya kembali menyerukan kita semua lindungi anak, stop kekerasan terhadap anak," kata Aminullah Usman, di Banda Aceh, Kamis.

Anugerah tersebut diserahkan oleh Gubernur Aceh Nova Iriansyah kepada Aminullah pada puncak peringatan Hari Anak Nasional (HAN) di Gedung Anjong Mon Mata, Komplek Pendopo Gubernur Aceh, Kamis.

Sebagai informasi, Banda Aceh mendapatkan anugerah KLA Aceh 2021 untuk kategori umum sebagai pemerintah kabupaten/kota yang memiliki komitmen terhadap perlindungan anak. Penghargaan serupa juga diberikan kepada Kota Langsa dan Kota Sabang.

Selain itu, Banda Aceh turut memboyong tujuh penghargaan KLA lain, diantaranya penggerak KLA (Media Yulizar/Risda Zuraida), Desa Layak Anak (Lampoh Daya), Puskesmas Pelayanan Ramah Anak (Puskesmas Meuraxa), dan Masjid Ramah Anak (Masjid Oman Al-Makmur).

Aminullah mengucapkan syukur dan mengapresiasi segenap jajaran pemerintahannya. Dirinya mengingatkan bahaya dua koridor penghancur generasi emas Indonesia 2045.

Sesuai arahan Gubernur Aceh, kata Aminullah, semua pihak harus benar-benar mewaspadai dua koridor penghancur generasi emas, yaitu narkoba dan gadget. 

“Narkoba adalah perusak bangsa dan generasi bangsa. Namun, gawai atau gadget juga sangat berbahaya. Jika disalahgunakan, gadget jauh lebih berbahaya karena bisa bebas masuk hingga ke dalam kamar anak-anak kita. Jika ini terjadi, maka hancurlah generasi kita,” ujarnya.

Aminullah mengingatkan, setiap orang tua juga harus membentengi, mengawasi, dan mengawal generasi emas Indonesia agar tidak terjerumus pada dua koridor tersebut.

"Salah satu caranya memberikan pemahaman agama islam yang baik, Insyaallah cita-cita mewujudkan generasi emas Indonesia 2045 akan terwujud," kata Aminullah Usman.


 

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021