Dinas Kesehatan Kabupaten Nagan Raya Aceh menerima sebanyak 1.820 dosis (130 vial) vaksin Moderna yang merupakan bantuan dari Pemerintah Amerika Serikat, guna mengatasi pandemi di Tanah Air.

“Kami bersyukur dengan penerimaan bantuan vaksin ini, semoga nantinya dapat meningkatkan imunitas tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Nagan Raya,” kata Sekretaris Dinas Kesehatan Nagan Raya Aceh Arafik Karim di Suka Makmue, Sabtu.

Ia menjelaskan untuk saat ini pihaknya masih menunggu petunjuk teknis lebih lanjut terkait penyuntikan vaksin tersebut.

Selain Moderna,  pihaknya juga turut menerima 3.000 dosis (300 vial) vaksin Sinovac dari Pemerintah Pusat.

Vaksin Sinovac tersebut juga akan digunakan kepada masyarakat atau pelayan publik di daerah tersebut yang belum mendapatkan penyuntikan vaksin COVID-19.

“Kalau vaksin Sinovac akan terus kita gunakan kepada masyarakat atau pelayan publik, namun khusus Moderna akan digunakan khusus kepada tenaga kesehatan,” kata Arafik.

Ia juga menjelaskan saat ini sebanyak 31.000 lebih masyarakat, pelayanan publik termasuk TNI dan Polri, serta tenaga kesehatan sudah dilakukan penyuntikan vaksin COVID-19 oleh Dinas Kesehatan setempat.

Penyuntikan tersebut sebagai upaya meningkatkan imunitas masyarakat, sehingga diharapkan terhindar dari serangan COVID-19.

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021