Tapaktuan, 13/2 (Antaraaceh) - Kodim 0107 dan Pemkab Aceh Selatan sepakat membangun kerja sama pengembangan tiga komoditi unggulan pada tahun 2015 dalam rangka menyukseskan pelaksanaan upaya khusus (Upsus) pencapaian target produksi padi, jagung dan kedelai.

Kerja sama pengembangan tanaman palawija itu dilakukan Dandim 0107/Aceh Selatan, Letkol (Inf) Puguh Suwito dan Kepala Dinas Pertanian Aceh Selatan, Yulizar SP MM, dengan diketahui Bupati HT Sama Indra SH dalam satu pakta integritas yang ditandatangani di Aula  Kantor Bupati Aceh Selatan, Kamis (12/2).

Adapun tiga komoditi yang bakal dikembangkan itu yakni padi seluas 29.689 hektare, jagung 13.000 Ha, dan kacang kedelai 1.500 Ha.

Yulizar menerangkan, keterlibatan jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan dalam upaya khusus pengembangan tiga komoditi pertanian unggulan ini akan memberikan  pengaruh bagi keberhasilan program nasional dengan target pencapaian peningkatan produksi minimal 10 persen.

“Dengan keterlibatan Kodim 0107/Aceh Selatan yang juga berfungsi sebagai pengawal program ini, kami yakin akan lebih berhasil,” katanya.

Menurutnya, kesepakatan kerja sama ini juga akan menyinergikan potensi tugas dan kewenangan masing-masing pihak dalam kerangka penyuksesan program nasional yang dicanangkan Presiden Joko Widodo.

Program upaya khusus dengan target produksi itu merupakan bagian dari upaya mengurangi ketergantungan impor bahan pangan nabati dari luar Negeri.

Dalam kerja sama keduanya, akan disepakati hal-hal yang bersifat teknis membidangi substansi sebagai bagian dari perjanjian dalam pakta integritas itu.

Pewarta:

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015