Pemerintah Aceh menyediakan sebanyak Rp27,5 miliar untuk program stimulus pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) di Aceh dalam bentuk peralatan usaha.

"Bantuan sebesar Rp27,5 miliar berupa peralatan usaha, program stimulus pelaku usaha ini diperkirakan calon penerima sebanyak 1.660 individu/kelompok dari 23 kabupaten/kota se Aceh," kata Kepala Dinas Koperasi dan UKM Aceh Helvizar Ibrahim, di Banda Aceh, Senin.

Helvizar mengatakan, dasar utama dari program tersebut adalah mereka wirausaha pemula dan pelaku usaha mikro, wirausaha pemula dimaksud yaitu para pencari kerja atau yang terkena PHK, namun belum memiliki pekerjaan.

Baca juga: 255 UMKM di Aceh Timur terima bantuan modal usaha,

Helvizar menyampaikan, untuk mendapatkan bantuan peralatan usaha tersebut pelaku UMKM harus mengikuti pendaftaran melalui Dinas Koperasi dan UKM Aceh yang telah dibuka sejak 12 Agustus 2021 lalu, sampai 17 Agustus 2021, bertepatan dengan HUT Kemerdekaan.

"Nantinya untuk proses seleksi wawancara calon penerima bantuan ini diperkirakan akan berlangsung pada 20 Agustus 2021" ujarnya.

Helvizar menyampaikan, proses seleksi, pendaftaran, persyaratan, jadwal wawancara dan pengumuman nantinya masyarakat dapat mengakses atau mengunduhnya melalui situs yang telah disediakan (www.wpaceh.com).

Baca juga: Banda Aceh buka pendaftaran bantuan modal kerja dari Presiden

Kemudian, kata Helvizar, masyarakat yang masih terkendala dalam proses tersebut dapat mengunjungi pusat layanan usaha terpadu UMKM, atau dinas terkait di daerah masing-masing.

"Kita juga menyediakan layanan Informasi berupa hotline Whatsapp dengan nomor 085361031615. Ini dilakukan untuk mempermudah pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Bupati Aceh Barat lanjutkan bantuan modal usaha Rp15 juta/KK hingga tahun 2022

Helvizar menambahkan, program stimulus UMKM ini sangat bermanfaat, apalagi di tengah pandemi COVID-19 yang telah memberikan dampak besar terhadap sektor perekonomian di Aceh.

"Maka dari itu kita mengajak masyarakat pelaku usaha UMKM untuk segera mendaftarkan diri, karena bantuan ini sangat bermanfaat,” demikian Helvizar.

Pewarta: Rahmat Fajri

Editor : Heru Dwi Suryatmojo


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021