Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) memperkuat peran dan fungsi komite sekolah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan di daerah setempat.

“Peningkatan peran dan fungsi komite ini kita laksanakan melalui pelatihan kepada komite sekolah yang ada dalam kabupaten ini,” kata Ketua MPD Abdya, Darwis di Blangpidie, Senin.

Ia menjelaskan pelatihan yang diikuti sebanyak 58 orang komite sekolah merupakan tindaklanjut hasil kunjungan pihaknya ke sekolah-sekolah dan pelaksanaan publik hearing, monitor dan evaluasi dengan masyarakat beberapa.

"Kita banyak mendapati para komite sekolah tidak paham akan peran dan fungsi mereka sebagai komite dan ada sekolah yang tidak lengkap dengan komite serta tidak sepaham dengan kepala sekolah," kata Darwis.

Ia mengatakan, tujuan kegiatan tersebut juga untuk meningkatkan kapasitas komite sekolah terhadap kemajuan pendidikan di Abdya sesuai standar nasional.

Sekda Abdya, Thamrin mengatakan untuk membangun dan meningkatkan taraf pendidikan di sebuah daerah, perlu adanya peningkatan sumber daya manusianya. 

"Kami selaku Pemerintah Kabupaten Abdya sangat mendukung kegiatan tersebut karena sejalan dengan visi misi Pemerintah dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dengan memberikan dukungan maksimal  terhadap pendidikan formal dan informal," katanya.

Ia menambahkan untuk meningkatkan mutu pendidikan bukanlah sebuah persoalan yang instan, tapi perlu sinergi guna mewujudkan cita-cita bersama. 

"Kami percaya dengan terus bersinergi dan berkoordinasi antara pemerintah dengan seluruh komite sekolah yang ada, Kabupaten Abdya mampu meraih mutu pendidikan yang lebih baik lagi," kata Thamrin.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir Ketua DPRK Abdya, Nurdianto, unsur Forkopimkab dan Kepala Dinas Pendidikan, Jauhari.

Pewarta: Suprian

Editor : M Ifdhal


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021