Seluas dua hektare lahan gambut di Desa Alue Siron, Kecamatan Tadu Raya, Kabupaten Nagan Raya terbakar akibat cuaca kemarau yang melanda sebagian besar wilayah pantai barat Aceh sejak beberapa hari terakhir.

“Saat ini upaya pemadaman masih terus dilakukan bersama petugas BPBD, TNI, Polri dan masyarakat,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Nagan Raya Irfanda di Suka Makmue, Selasa.

Irfanda mengatakan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran mengalami kendala karena terbatasnya akses kendaraan, sehingga pemadaman dilakukan dengan menggunakan dua unit mesin pompa air.

Pihaknya juga belum bisa memastikan penyebab terjadinya kebakaran lahan gambut di kawasan Tadu Raya, Nagan Raya, karena masih dalam penyelidikan pihak terkait.

Ia mengatakan dugaan sementara penyebab terjadinya kebakaran lahan di Nagan Raya akibat musim kemarau yang melanda daerah ini sejak beberapa hari terakhir, sehingga diduga menyebabkan kebakaran.

“Hingga Selasa sore, sebagian besar lokasi pemadaman sudah berhasil kita lakukan mencapai 80 persen,” kata Irfanda menambahkan.

Pihaknya akan melanjutkan upaya pemadaman api di lokasi kebakaran pada Rabu (8/9) pagi, sehingga diharapkan pemadaman titik api di lokasi kejadian diharapkan segera bisa diatasi, tuturnya.
 

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar

Editor : Azhari


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2021