Lhokseumawe (ANTARA Aceh) - Calon Jamaah Haji 2015 di Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh, mulai berkemas-kemas menyiapkan berkas administrasi keberangkatan haji tahun 2015. Hal itu terlihat mulai ramainya CJH yang mendatangi Kantor Kementrian Agama Kota Lhokseumawe.

Padahal, menurut Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah di Kankemenag Kota Lhokseumawe Hamdani Daud, aturan tentang masa penyerahan berkas administrasi haji kepada CJH yang dipastikan berangkat tahun 2015, belum keluar dari pemerintah.

Namun sebagaimana disampaikan oleh Hamdani, masyarakat yang merasa dirinya sudah masuk katogeri  untuk CJH tahun 2015, mulai ramai mendatangi Kankemenag, baik untuk menanyakan tentang informasi haji, serta menanyakan kelengkapan berkas administrasi keberangkatan haji.

Meskipun, belum tiba saatnya masa penyerahan berkas sebagaimana diatur nantinya, namun pihaknya menerima jika ada CJH yang dapat dipastikan berangkat pada tahun 2015. “Kita terima saja jika ada masyarakat yang dipastikan dapat menunaikan ibadah haji tahun ini,” ungkap Hamdani.

Mungkin anggapan masyarakat yang menjadi CJH tahun 2015, lebih cepat menyiapkan berkas akan lebih mudah terhadap segala sesuatu persiapan nantinya. Namun, apabila pada saat pemberkasan secara resmi diumumkan, pihaknya melalui KUA dikecamatan akan memberitahukan kepada CJH yang kena giliran berangkat, untuk menyiapkan berbagai berkas administrasi yang diperlukan, ujar Hamdani.

Disebutkan olehnya, sebagaimana kuota Lhokseumawe saat ini, setiap tahunnya sekitar 222 orang. Sehingga masa daftar tunggu (waiting list), untuk keberangkatan haji harus menunggu sampai  17 tahun mendatang.

umumnya calon jamaah haji yang berdomisili di Kota Lhokseumawe yang mendaftar tersebut setiap harinya rata-rata berkisar antara 5 hingga 7 orang. Ramainya calon jamaah haji yang sudah mencapai pembayaran porsi tersebut terus bertambah setiap harinya.

Pewarta: Pewarta : Muchlis

Uploader : Salahuddin Wahid


COPYRIGHT © ANTARA News Aceh 2015